Memilih Hewan Qurban Sapi atau kerbau

Memilih Hewan Qurban Sapi atau kerbau

Memilih Hewan Qurban Sapi atau kerbau

Supaya bisa tahu apa sapi Qurban itu baik, harus dikenal Ciri atau sinyal sehat Hewan Qurban Sapi itu.

Salah satunya unsur yang perlu dalam beribadah qurban ialah memberi qurban yang paling baik. Sapi qurban yang kuat serta sehat harus jadi pilihan penting. Dapat dipikirkan kita telah tulus dalam melaksanakan ibadah qurban tetapi ternoda sebab si penerima qurban berasa sedih sebab tidak memperoleh daging dengan kualitas yang baik serta pada ujungnya tidak bisa konsumsi daging qurban yang kita beri.

InsyaAllah panduan langkah pilih hewan qurban dengan mengenal beberapa ciri atau sinyal hewan itu sehat bisa berguna untuk beberapa umat muslim/muslimin dalam melakukan beribadah kurban.

Langkah pertama ialah Pilih Hewan Qurban yang cukup usia

a. Sapi serta Kerbau berusia kira-kira 22 bulan

b. Bila Kambing serta Domba sekitar di antara 12-18 bulan

Mengenai cara yang bisa dipakai untuk ketahui usia hewan kurban diantaranya ialah lihat catatan kelahiran ternak itu, yakni dengan menanyakan pada pemiliknya, atau bisa disaksikan dari gigi ternak itu. Bila gigi susunya sudah tanggal yakni dua gigi susu yang di muka,hal itu itu mengisyaratkan hewan kurban itu (kambing serta domba) sudah berusia seputar 12-18 bulan, sedang apalbila hewan kurbannya sapi serta kerbau sekitar 22 bulan.

Langkah ke-2 ialah Pilih Hewan Kurban yang Sehat

Beberapa ciri sehat Sapi Qurban ialah:

1. Dengan cara fisik pilih hewan kurban seperti sapi, kambing serta domba dapat lihat kesibukannya. Jika gerakannya aktif waktu dihampiri itu bermakna hewannya sehat. Gerak/temperamennya bebas, gesit, kuat, semangat, tidak pincang, tidak resah, serta hasrat makannya bagus.

2. Rambut atau bulunya halus, mengkilap, tidak rontok, tidak alami kebotakan, tidak berdiri,tidak ada perkembangan warna, tidak dihinggapi wajahit kulit (caplak, tungau, kutu, dan lain-lain.).

3. Matanya cemerlang serta jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air (eksudat), tidak berwarna merah (yang bermakna pun tidak sedang berlangsung perdarahan), serta selaput lendir kelopak mata sisi dalam berwarna merah jelas.Jika diketemukan mata hewan ternak yang beleken serta kotor, itu bermakna sedang sakit.

4. Bentuk badannya harus standard. Pemahaman standard untuk sapi serta kerbau, tulang punggungnya relatif rata, tanduknya setimbang, ke-4 kakinya simetris, serta bentuk badannya bagus. Bentuk badan bagus yang disebut, contohnya gabungan perut, kaki depan serta belakang, kepala, serta leher setimbang.

5. Disamping itu, dapat disaksikan di bagian mulut. Jika mulutnya basah sekali hingga air liurnya keluar banyak, atau terlihat di mulutnya ada bintil-bintil berwarna merah, pasti hewan itu harus dicermati, kemungkinan menderita penyakit. Mengenai ternak yang cacat ialah sebab salah satunya sisi dari badannya hilang atau rusak, contohnya tanduknya patah samping, tulang kakinya patah. Sikap berdirinya tegak, kuat, kuat, serta bertopang pada ke-4 kaki.

6. Hidung nampak basah, bersih, serta tidak keluarkan cairan. Selaput lendir hidung berwarna merah jelas.

7. Mulut serta gusi bersih, tidak ngiler, tidak keluarkan eksudat, tidak menganga, serta tidak ada bintik-bintik perdangan.

8. Sela kuku bersih, tidak ada cedera, tidak ada infeksi, tidak ada bengkak.

9. Kulitnya lentur/elastis, tidak ada penebalan, tidak ada bisul, tidak ada cedera.

10. Sisi pangkal sampai ujung ekor bersih, licin, kering. Bulu ekor lebat, bersih, serta kering.

11. Sisi dubur/anus bersih, kering, serta tidak memperlihatkan pertanda diare (mencret).

12. Bila waktu musim hujan, karena itu berhati-hatilah sebab hewan riskan terserang diare serta cacingan.Umumnya pada hewan yang cacingan kulitnya nampak kusam serta tubuhnya kurus.

13. Berhati-hatilah pada hewan ternak yang kulitnya alami korengan. Itu bermakna hewan itu alami penyakit kulit sceabie.

Demikian Panduan Langkah Lihat Ciri – Ciri Hewan Qurban Sapi yang Baik.