Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

1. Pemahaman Jaringan Computer
Pemahaman dari Jaringan computer ialah beberapa kumpulan computer, dan piranti-perangkat lain simpatisan computer yang sama-sama tersambung pada suatu kesatuan. Media jaringan computer bisa lewat kabel-kabel atau tanpa ada kabel hingga sangat mungkin pemakai jaringan computer bisa sama-sama lakukan transisi info.

Seperti dokumen serta data, dapat lakukan pencetakan pada printer yang sama serta bersama menggunakan piranti keras serta piranti lunak yang tersambung dengan jaringan. Tiap computer, atau piranti-perangkat yang tersambung pada suatu jaringan disebutkan dengan node. Dalam satu jaringan computer bisa memiliki dua, beberapa puluh, beberapa ribu atau serta juta-an node.

Pemahaman yang ke-2, Jaringan Computer ialah sekumpulan computer otonom yang sama-sama terkait di antara satu dengan yang lain memakai prosedur komunikasi lewat media komunikasi hingga bisa sama-sama share info, program – program, pemakaian bersama-sama piranti keras seperti printer, harddisk, dan lain-lain.

Disamping itu jaringan computer dapat disimpulkan untuk kelompok beberapa terminal komunikasi yang ada di beberapa tempat yang terbagi dalam semakin satu computer yang sama-sama terkait.

2. Riwayat Jaringan Computer Ide jaringan computer lahir di tahun 1940-an di Amerika dari satu project peningkatan computer MODEL I di laboratorium Bell serta grup analisa Harvard University yang diperintah profesor H. Aiken. Pada awalnya project itu hanya ingin manfaatkan satu piranti computer yang perlu digunakan bersama-sama.

Baca Juga : Jasa Setting Mikrotik Medan

Untuk kerjakan proses-proses tanpa ada banyak menghabiskan waktu kosong dibuatlah proses berturut-turut (Batch Processing), hingga beberapa program dapat digerakkan dalam satu computer dengan dengan aturan antrean.

Di tahun 1950 terbentuklah super computer dengan ukuran besar, karena itu satu computer perlu layani beberapa terminal (melihat Gambar 1) Karena itu diketemukan ide distribusi proses berdasar waktu yang diketahui dengan nama TSS (Time Share System), karena itu untuk pertama-tama bentuk jaringan (network) computer diterapkan.

Pada skema TSS beberapa terminal tersambung dengan cara seri ke satu host computer. Dalam proses TSS mulai terlihat kombinasi tehnologi computer serta tehnologi telekomunikasi yang sebelumnya bertumbuh sendiri-sendiri.

Masuk tahun 1970-an, sesudah beban pekerjaan makin bertambah banyak serta harga piranti computer besar mulai sangat terasa mahal, karena itu awalilah dipakai ide proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses distribusi telah mutlak dibutuhkan kombinasi yang dalam di antara tehnologi computer serta telekomunikasi, sebab kecuali proses yang perlu dialokasikan, semua host computer harus layani terminal-terminalnya pada sebuah perintah dari computer pusat.

3. Faedah Jaringan Computer 1. Share sumber

Share sumber mempunyai tujuan supaya semua program, perlengkapan atau peripheral yang lain bisa digunakan oleh tiap orang yang ada di jaringan computer tanpa ada dipengaruhi oleh tempat atau impak dari pengguna.

2. Media Komunikasi

Jaringan computer sangat mungkin berlangsungnya komunikasi antar pemakai, bagus untuk teleconference atau untuk kirim pesan atau info yang perlu yang lain.

3. Integrasi Data

Jaringan computer bisa menahan ketergantungan pada computer pusat, sebab tiap proses data tidak harus dilaksanakan pada satu computer saja, tetapi bisa dialokasikan ke tempat yang lain. Dengan begitu karena itu bisa tercipta data yang terpadu yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan serta memproses info setiap waktu.

4. Peningkatan serta Perawatan

Peningkatan perlengkapan bisa dilaksanakan dengan gampang serta mengirit ongkos, sebab tiap pembelian elemen seperti printer, karena itu tak perlu beli printer beberapa computer yang ada tapi cukup sebuah sebab printer itu bisa dipakai dengan cara bersama-sama – sama.

Jaringan computer mempermudah pengguna dalam menjaga harddisk serta perlengkapan yang lain, contohnya untuk memberi perlindungan pada gempuran virus karena itu pengguna cukup memfokuskan perhatian pada harddisk yang ada di computer pusat.

5. Keamanan Data

Skema Jaringan Computer bisa memberi perlindungan pada data. Sebab pemberian serta penataan hak akses pada beberapa pengguna, dan tehnik perlindungan pada harddisk hingga data memperoleh perlindungan yang efisien.

6. Sumber Daya Semakin Efektif serta Info Terbaru

Dengan penggunaan sumber daya dengan cara bersama-sama – sama, akan memperoleh hasil yang optimal serta kualitas yang tinggi. Disamping itu data atau info yang dibuka tetap paling baru, sebab tiap ada perkembangan yang berlangsung bisa langsung diketahui oleh tiap pengguna.

4. Keuntungan Memakai Jaringan Computer :
• Terhubung data dari computer lain
• Bisa disimpan atau dicopy ke sejumlah computer lain untuk taktik back-up data, dan lain-lain.